Tanggung jawab sosial perusahaan
Perusahaan bangga melayani masyarakat Indonesia melalui bisnis dan inisiatif lainnya. Menyediakan masyarakat lokal dengan produk dan layanan yang mereka percayai dan andalkan merupakan hal mendasar untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk memberikan dampak positif dalam setiap aspek operasionalnya, yang diwujudkan dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan (“CSR”) di seluruh Perseroan untuk memastikan bahwa Perseroan secara aktif memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan di operasinya.
Kebijakan CSR Perseroan ditetapkan berdasarkan empat pilar utama sebagai berikut:
Tempat kerja
- Keanekaragaman dan Kesempatan yang Sama
- Pembelajaran dan Pengembangan
- Hadiah dan Pengakuan
- Keterlibatan Karyawan
- Kesehatan dan keselamatan
Pasar
- Keterlibatan pelanggan
- Privasi Data Pelanggan
- Produk dan layanan
- Manajemen Risiko Rantai Pasokan
Lingkungan
- Kepatuhan
- Kesadaran Staf
- Utilitas Kantor
- Limbah Kantor
- Utilitas Gudang
- Limbah Gudang
- Energi – Transportasi yang Efisien
- Manufaktur
Lingkungan
- Donasi dan Manufaktur
- Pengembangan Masyarakat dan Kerelawanan
Dalam menjalankan kegiatan CSRnya, Perseroan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama Undang-Undang Perseroan Terbatas, Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. .
Pada tahun 2018, Perseroan menyalurkan lebih dari Rp 200 juta sehubungan dengan kegiatan CSR.
Tempat kerja
Perseroan menjunjung tinggi prinsip kesetaraan dan keragaman di dalam Perseroan. Hal ini diwujudkan terutama dalam pemberian kesempatan berkarir dan pengembangan kompetensi bagi pegawai yang dilakukan secara berkala. Selain itu, Perseroan menekankan bahwa Perseroan tidak mentolerir segala bentuk diskriminasi kepada atau di antara para karyawannya.
Selain itu, menyadari bahwa keberhasilan usahanya sangat bergantung pada SDM, Perseroan mendorong karyawannya untuk mengikuti program pelatihan dan pengembangan yang diselenggarakan secara internal maupun eksternal. Perseroan memfokuskan programnya pada pengembangan hard skill dan soft skill karyawannya untuk meningkatkan kompetensi mereka.
Pada tahun 2018, Perusahaan menyelenggarakan 14 program pengembangan yang berbeda untuk karyawannya (termasuk manajer, supervisor dan staf umum). Program-program tersebut dengan total lebih dari 23.277 jam pelatihan, diikuti secara aktif oleh lebih dari 2.770 peserta.
Sebagai bagian dari apresiasi dan penghargaan Perseroan atas kontribusi dan kerja keras para karyawannya, Perseroan memberikan paket remunerasi yang kompetitif.
Perseroan telah memiliki employee engagement program yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan keharmonisan, kebersamaan dan kekompakan antar karyawan di setiap unit kerja.
Di tahun 2018, selain acara penghargaan karyawan tahunan yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada karyawan berprestasi, Perseroan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial bagi karyawan dalam upaya meningkatkan sense of engagement serta kesejahteraan mental dan fisik.
Dalam hal kesehatan dan keselamatan karyawan, Perseroan terus mensosialisasikan gaya hidup sehat di kalangan karyawannya. Selain mengikutsertakan seluruh karyawan dalam program jaminan kesehatan nasional (BPJS Kesehatan), Perseroan terus memberikan pelatihan keselamatan kerja kepada karyawannya dan menyelenggarakan safety drill untuk mempersiapkan karyawan menghadapi keadaan darurat. Pada tahun 2018, tidak ada kecelakaan kerja yang dicatat oleh Perseroan.
Untuk pengaduan terkait ketenagakerjaan, Perseroan telah menetapkan kebijakan tata kelola, dimana mekanisme pengaduan ditangani oleh Departemen SDM. Masalah terkait ketenagakerjaan akan diangkat ke manajemen Perusahaan sebagaimana mestinya.
Investasi berkelanjutan pada karyawan dan komitmen Perusahaan untuk membangun budaya perusahaan yang kuat telah menghasilkan tenaga kerja yang berkualifikasi tinggi, kompeten dan termotivasi. Pada tahun 2018, tingkat perputaran karyawan dipertahankan di bawah 2%.
Tempat kerja
Melalui pilar ini, Perseroan menjalankan tanggung jawab dan mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan dan produk yang prima kepada pelanggannya. Dalam praktiknya, Perseroan berupaya untuk menjaga ketersediaan berbagai macam produk, khususnya barang-barang terlaris untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Sementara itu, karyawan berusaha untuk mengoptimalkan bantuan dan layanan mereka kepada pelanggan dengan pengetahuan mereka tentang produk.
Perseroan juga memiliki platform email dengan alamat customerservice@watsons.co.id untuk memberikan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan saran, keluhan atau pertanyaan terkait layanan atau produk Perseroan. Setiap masukan akan ditangani secara cepat dan profesional oleh tim customer service dan/atau unit bisnis terkait. Perseroan telah mengimplementasikan call center pada jam kerja untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.
Lingkungan
Berpijak pada komitmen terhadap kelestarian lingkungan, Perseroan secara konsisten berupaya memitigasi dampak lingkungan melalui upaya pelestarian yang menyeluruh di seluruh aktivitas bisnis, baik di gerai maupun di kantor.
Dalam praktiknya, Perseroan mendorong kesadaran lingkungan karyawan melalui penekanan penggunaan sumber daya secara efisien. Untuk meminimalkan limbah yang dihasilkan dalam operasionalnya, Perseroan mengurangi penggunaan kantong plastik di toko-toko sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).
Langkah lain yang diambil untuk meminimalkan dampak lingkungan adalah penerapan sistem pengelolaan limbah, khususnya limbah gudang, untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dan memastikan pembuangan limbah dan sampah yang benar. Untuk memastikan efektivitas sistem tersebut, Perseroan bekerja sama dengan vendor khusus pengelolaan limbah yang menyediakan drum khusus untuk pembuangan limbah.
Masyarakat
Dalam mendorong perkembangan masyarakat di Indonesia, serta meminimalkan angka pengangguran, Perseroan mengutamakan tenaga kerja warga negara Indonesia untuk mendukung operasionalnya. Selain itu, Perseroan juga mendukung Indonesia yang bebas korupsi dengan mewajibkan vendornya menandatangani kontrak ketentuan anti suap untuk memastikan kerjasama dan perilaku bisnis yang sehat. Secara internal, Perseroan mengadakan pelatihan anti suap dan anti korupsi secara berkala untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman karyawan terhadap tindakan tersebut.
Kegiatan-kegiatan berikut juga diselenggarakan oleh Perseroan di tahun 2018 untuk kepentingan masyarakat setempat:
– Pada tanggal 6 Juni 2018 telah diselenggarakan acara buka puasa bersama anak-anak Panti Asuhan Muslimin Jaya Tebet untuk berbagi kehangatan dan kebahagiaan di bulan suci Ramadhan. Acara tersebut dihadiri oleh 180 karyawan dan anak-anak.
– Pada tanggal 2 November 2018 diadakan Pengenalan Kesehatan Gigi dan Mulut kepada 200 siswa SD SDN 01 Menteng Dalam untuk memberikan pengetahuan perawatan gigi dan meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga pola hidup sehat.
– Pada tanggal 21 Desember 2018, para relawan Perseroan merayakan Natal bersama warga senior Panti Werdha Wisma Mulia, di mana lebih dari 130 karyawan dan lansia berbagi kegembiraan dan berkah Natal.