SELAMAT DATANG DI SITUS INVESTOR RELATIONS WATSONS INDONESIA

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kita

Perusahaan bangga melayani masyarakat Indonesia melalui bisnis dan inisiatif lainnya. Menyediakan masyarakat lokal dengan produk dan layanan yang mereka percayai dan andalkan merupakan hal mendasar untuk membangun bisnis yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk memberikan dampak positif dalam setiap aspek operasinya, yang diwujudkan dalam implementasi inisiatif keberlanjutan di seluruh Perseroan untuk memastikan bahwa Perseroan secara aktif memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan dalam operasinya.

Kebijakan Keberlanjutan Perseroan ditetapkan berdasarkan empat pilar utama berikut:

Orang - orang kita

  1. Keanekaragaman dan Kesempatan yang Sama
  2. Pembelajaran dan Pengembangan
  3. Hadiah dan Pengakuan
  4. Keterlibatan Karyawan
  5. Kesehatan dan keselamatan

Pelanggan kami

  1. Keterlibatan pelanggan
  2. Privasi Data Pelanggan
  3. Produk dan layanan
  4. Manajemen Risiko Rantai Pasokan

Planet kita

  1. Kepatuhan
  2. Kesadaran Staf
  3. Utilitas Kantor
  4. Limbah Kantor
  5. Utilitas Gudang
  6. Limbah Gudang
  7. Energi – Transportasi yang Efisien

Lingkungan

  1. Donasi dan Manufaktur
  2. Pengembangan Masyarakat dan Kerelawanan

Dalam menjalankan kegiatan keberlanjutannya, Perseroan mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, terutama Undang-Undang Perseroan Terbatas, Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas. .

Pada tahun 2022, Perseroan mengucurkan dana sekitar Rp 413 juta sehubungan dengan kegiatan keberlanjutan.

Orang - orang kita

Perusahaan menggunakan prinsip kesetaraan dan keragaman di dalam Perusahaan. Perseroan secara aktif menciptakan peluang karir dan pengembangan kompetensi bagi karyawan berdasarkan prestasi dan mendukung keberagaman pandangan dan latar belakang karyawan. Selain itu, Perseroan menekankan bahwa Perseroan tidak mentolerir segala bentuk diskriminasi kepada atau di antara para karyawannya.

Keberhasilan pertumbuhan dan operasi Perusahaan sangat bergantung pada karyawannya. Perseroan mendorong karyawannya untuk berpartisipasi dalam program pelatihan dan pengembangan baik internal maupun eksternal. Perseroan memfokuskan program-programnya pada pengembangan keterampilan teknis fungsional dan pribadi para karyawannya untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap Perusahaan dan penghargaan atas kontribusi dan kerja keras karyawannya, Perusahaan memberikan paket remunerasi yang kompetitif kepada karyawannya yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman serta persyaratan posisi yang relevan di Perusahaan.

Perseroan telah membuat employee engagement program yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan keharmonisan, kebersamaan dan kekompakan antar karyawan di setiap unit kerja.

Pengaturan dan kondisi kerja telah banyak berubah akibat pandemi COVID-19, membawa tantangan psikososial baru bagi kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Untuk menciptakan budaya yang mendukung dan menghargai kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan, Perseroan telah menyelenggarakan berbagai kegiatan,

 Untuk mendukung kesehatan dan keselamatan karyawan, Perseroan terus mensosialisasikan gaya hidup sehat di kalangan karyawan. Selain mengikutsertakan seluruh karyawan dalam program jaminan sosial kesehatan nasional (BPJS Kesehatan), Perseroan terus memberikan pelatihan keselamatan kerja kepada karyawannya dan menyelenggarakan safety drill untuk mempersiapkan karyawan menghadapi keadaan darurat. Pada tahun 2022, tidak ada kecelakaan kerja yang tercatat oleh Perseroan.

Perusahaan memiliki Kode Etik Karyawan untuk menetapkan standar perilaku minimum yang harus diikuti oleh semua karyawan kami.

 Keluhan terkait ketenagakerjaan akan dikelola oleh bagian hubungan industrial di bawah Departemen SDM dan masalah terkait karyawan akan diteruskan ke manajemen Perusahaan sebagaimana mestinya.

Investasi berkelanjutan pada karyawan dan komitmen Perusahaan untuk membangun budaya perusahaan yang kuat telah menghasilkan tenaga kerja yang berkualifikasi tinggi, kompeten dan termotivasi. Pada tahun 2022, rata-rata turnover karyawan adalah 3% per bulan.

Pelanggan Kami

Melalui pilar ini, Perseroan menjalankan tanggung jawab dan mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan dan produk yang prima kepada pelanggannya. Dalam praktiknya, Perseroan berupaya untuk menjaga ketersediaan berbagai macam produk, khususnya barang-barang terlaris untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Sementara itu, karyawan berusaha untuk mengoptimalkan bantuan dan layanan mereka kepada pelanggan dengan pengetahuan mereka tentang produk.

Perseroan juga memiliki platform email dengan alamat customer.service@watsons.co.id untuk memberikan akses bagi pelanggan untuk menyampaikan saran, keluhan atau pertanyaan terkait layanan atau produk Perseroan. Setiap masukan akan ditangani secara cepat dan profesional oleh tim customer service dan/atau unit bisnis terkait. Perseroan telah mengimplementasikan call center pada jam kerja untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan pelanggan.

Planet kita

Berpijak pada komitmen terhadap kelestarian lingkungan, Perseroan secara konsisten berupaya memitigasi dampak lingkungan melalui upaya pelestarian yang menyeluruh di seluruh aktivitas bisnis, baik di gerai maupun di kantor.

 Dalam praktiknya, Perseroan mendorong kesadaran lingkungan karyawan melalui penekanan penggunaan sumber daya secara efisien.

 Untuk meminimalkan limbah yang dihasilkan dalam operasionalnya, Perseroan mengurangi penggunaan kantong plastik di toko-toko sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Langkah lain yang diambil untuk meminimalkan dampak lingkungan adalah penerapan sistem pengelolaan limbah terutama untuk limbah gudang, untuk mengurangi limbah yang dihasilkan dan memastikan pembuangan limbah dan sampah yang tepat. Untuk memastikan efektifitas sistem tersebut, Perseroan bekerja sama dengan vendor khusus pengelolaan limbah yang menyediakan drum khusus untuk pembuangan limbah.

Komunitas kita

Dalam mendorong perkembangan masyarakat di Indonesia, serta meminimalkan angka pengangguran, Perseroan mengutamakan tenaga kerja warga negara Indonesia untuk mendukung operasionalnya.

 Selain itu, Perseroan juga mendukung Indonesia yang bebas korupsi dengan mewajibkan vendornya menandatangani kontrak ketentuan anti suap untuk memastikan kerjasama dan perilaku bisnis yang sehat. Perusahaan memiliki komitmen anti suap dan anti korupsi untuk dipenuhi oleh semua karyawan berdasarkan Kode Etik Grup AS Watson. Secara internal, Perseroan mengadakan pelatihan anti suap dan anti korupsi secara berkala untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman karyawan terhadap tindakan tersebut.