SELAMAT DATANG DI SITUS INVESTOR RELATIONS WATSONS INDONESIA

Tim kita

Dewan Komisaris

Jajaran direktur

Komite Audit

Sekretaris Perusahaan

Kepala Unit Audit Internal

Dra. Zannuba Arifah Chafsoh Rahman

Komisaris Utama/Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia, 45 tahun. Ibu Rahman pertama kali diangkat sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Perseroan pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 yang dibuat dihadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn. Beliau diangkat kembali pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.
Ibu Rahman juga menjabat sebagai Direktur Wahid Institute sejak tahun 2003. Sebelumnya pernah menjabat sebagai staf khusus komunikasi politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, staf pribadi Kantor Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 1999 dan asisten koresponden The Sydney Morning Herald and the Age Melbourne pada tahun 1997. Memperoleh gelar Master of Public Administration dari Harvard University pada tahun 2003 dan gelar Sarjana Komunikasi Visual dari Universitas Trisakti pada tahun 1997.
Selain menjabat sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Perseroan, beliau juga menjabat sebagai Ketua Komite Audit Perseroan sejak Maret 2016. Pada tanggal 17 Desember 2018, Dewan Komisaris memutuskan untuk mengangkatnya kembali sebagai Ketua Komite Audit, sehingga memperpanjang masa jabatannya menjadi 28 Mei 2021 (bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen).

Sugito Walujo

Komisaris

Warga Negara Indonesia, 44 tahun. Bapak Walujo pertama kali diangkat sebagai Komisaris Perseroan pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 yang dibuat di hadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn. Beliau diangkat kembali pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Bapak Walujo juga menjabat sebagai Managing Partner Northstar Group sejak tahun 2003 dan Komisaris PT Delta Dunia Makmur Tbk sejak tahun 2009. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Senior Vice President Pacific Century Group dari tahun 2000 hingga 2003, dan associate di Goldman Sachs & Co dari tahun 1997 hingga 2000. Pada tahun 2009, ia dianugerahi penghargaan bergengsi 'Pengusaha Muda Tahun Ini' dari Ernst & Young. Dia adalah anggota Dewan Penasihat Internasional Dewan Hubungan Luar Negeri New York. Beliau lulus dengan gelar Bachelor of Science di bidang Industrial Engineering dari Cornell University pada tahun 1997.

Bapak Walujo adalah pemegang saham pengendali PT Indah Sehat Cemerlang dan PT Usaha Indah Abadi, yang memegang keseluruhan 18.46% saham yang diterbitkan di Perusahaan.

Dominic Kai Ming Lai

Komisaris

Warga Negara Kanada, 66 tahun. Bapak Lai diangkat sebagai Komisaris pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Bapak Lai memiliki lebih dari 35 tahun pengalaman manajemen di berbagai industri. Dia adalah direktur eksekutif dan wakil direktur pelaksana CK Hutchison Holdings Limited (“CKHH”). Sejak tahun 2000, beliau menjabat sebagai direktur Hutchison Whampoa Limited (“HWL”) yang menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh CKHH pada bulan Juni 2015. Bapak Lai adalah direktur non-eksekutif Hutchison Telecommunications Hong Kong Holdings Limited (“HTHKH”) dan direktur Hutchison Telecommunications (Australia) Limited (“HTAL”). Beliau juga merupakan direktur alternatif untuk direktur HTHKH, HTAL dan TOM Group Limited (“TOM”). CKHH, HTHKH dan TOM adalah perusahaan yang terdaftar di The Stock Exchange of Hong Kong Limited (“SEHK”) dan HTAL adalah perusahaan yang terdaftar di Australian Securities Exchange. Beliau juga menjabat sebagai direktur pemegang saham pengendali Perseroan, Total Alliance Holdings Limited (“Total Alliance”). CKHH adalah ultimate holding company dari Perusahaan dan perusahaan lainnya yang disebutkan di atas adalah anak perusahaan atau perusahaan asosiasi CKHH di mana Bapak Lai bertindak sebagai direktur untuk tujuan mengawasi pengelolaan bisnis tersebut. Bapak Lai memegang gelar Bachelor of Science (Hons) dan gelar Master di bidang Administrasi Bisnis.

Edith Shih

Komisaris

Warga negara Inggris, 68 tahun. Ms Shih diangkat sebagai Komisaris pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Ms Shih memiliki lebih dari 35 tahun pengalaman di bidang hukum, peraturan, keuangan perusahaan, kepatuhan dan tata kelola perusahaan. Dia adalah direktur eksekutif dan sekretaris perusahaan CKHH. Dia telah bergabung dengan grup Cheung Kong (Holdings) Limited sejak tahun 1989 dan dari tahun 1991 hingga 2015 dengan HWL, keduanya menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh CKHH pada bulan Juni 2015. Dia telah bertindak dalam berbagai kapasitas dalam grup HWL termasuk direktur, kepala grup penasihat umum dan sekretaris perusahaan HWL dan anak perusahaan serta perusahaan asosiasinya. Ms Shih adalah direktur non-eksekutif HTHKH, Hutchison China MediTech Limited (“Chi-Med”) dan Hutchison Port Holdings Management Pte. Limited sebagai wali amanat dari Hutchison Port Holdings Trust (“HPH Trust”). CKHH dan HTHKH adalah perusahaan yang terdaftar di SEHK. Chi-Med adalah perusahaan yang terdaftar di pasar AIM London Stock Exchange dan Nasdaq Global Select Market. HPH Trust adalah perwalian bisnis yang terdaftar di Singapore Exchange Securities Trading Limited. CKHH adalah ultimate holding company dari Perusahaan dan perusahaan lainnya yang disebutkan di atas adalah anak perusahaan atau perusahaan asosiasi CKHH di mana Ms Shih bertindak sebagai direktur untuk tujuan mengawasi pengelolaan bisnis tersebut.

Ms Shih adalah seorang pengacara yang berkualifikasi di Inggris dan Wales, Hong Kong dan Victoria, Australia, dan Rekan dari Institute of Chartered Secretaries and Administrators dan The Hong Kong Institute of Chartered Secretaries, memegang gelar ganda Chartered Secretary dan Chartered Governance Professional. Dia memegang gelar Bachelor of Science di bidang Pendidikan dan gelar Master of Arts dari University of the Philippines dan gelar Master of Arts dan gelar Master of Education dari Columbia University, New York.

Alan John Heaton

Komisaris

Warga Negara Inggris, 57 tahun. Bapak Heaton diangkat sebagai Komisaris Perseroan pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Mr Heaton telah sangat terlibat dalam sektor ritel kesehatan dan kecantikan selama lebih dari 20 tahun. Dia adalah Direktur Keuangan Grup AS Watson Group (yang merupakan bagian dari grup perusahaan CKHH), peritel kesehatan dan kecantikan internasional terbesar di dunia. Dalam peran ini, Tuan Heaton bertanggung jawab penuh atas semua aspek keuangan Grup AS Watson, termasuk aktivitas pajak dan audit. Sebelum bergabung dengan AS Watson Group, Mr Heaton bekerja di The Boots Company plc di Inggris Raya selama 7 tahun, dalam berbagai peran keuangan senior baik di operasi Inggris maupun ritel internasional. Beliau juga menjabat sebagai direktur pemegang saham pengendali Perseroan, Total Alliance. Bapak Heaton memperoleh gelar Bachelor of Science Honours Kelas Pertama dari University of Sheffield, Inggris Raya, dalam Matematika Terapan pada tahun 1984. Beliau adalah seorang Chartered Accountant di Institute of Chartered Accountants of England and Wales sejak tahun 1988, dan menjadi anggota dari Association of Corporate Treasurers, di Inggris pada tahun 1994.

Irwan Bunyamin Afiff

Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia, 56 tahun. Bapak Afiff diangkat sebagai Komisaris Independen pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Bapak Afiff memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang akuntansi, pajak, dan keuangan perusahaan. Menjabat sebagai senior managing partner RSM Indonesia, sebuah firma akuntansi dan konsultan terkait internasional sejak tahun 1992. Sebagai partner utama RSM Indonesia, Bapak Afiff aktif terlibat sebagai konsultan di bidang akuntansi, pajak dan keuangan yang melayani internasional dan perusahaan dalam negeri. Beliau juga merupakan mitra kontak internasional RSM International untuk Indonesia antara tahun 1992 dan 2017, dan terlibat dalam pengembangan strategis RSM Indonesia. Sebelum bergabung dengan RSM Indonesia, Bapak Afiff adalah seorang konsultan di Price Waterhouse (sekarang “PricewaterhouseCoopers”). Bapak Afiff lulus dari Universitas Indonesia jurusan Akuntansi, dan meraih gelar Master of Business Administration, jurusan Keuangan, dari University of Colorado at Boulder, Amerika Serikat.

Dra. Lilis Mulyawati, APT.

Presiden Direktur

Warga Negara Indonesia, 52 tahun. Ibu Lilis Mulyawati diangkat pertama kali sebagai Presiden Direktur Perseroan pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 yang dibuat dihadapan Jose Dima Satria, SH , M.Kn. Beliau diangkat kembali pada RUPS Tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2018 untuk masa jabatan berikutnya selama tiga tahun sejak tanggal tersebut.

Sebelumnya, Ibu Lilis Mulyawati menjabat berbagai posisi strategis, antara lain di Guardian sebagai direktur operasional (2015), direktur merek (2012-2015), manajer operasional senior (2010-2012) dan manajer unit bisnis (2004-2010). Beliau memperoleh gelar Sarjana Farmasi dari Universitas Pancasila pada tahun 1994 dan memperoleh kualifikasi apoteker pada tahun 1995.

Sukarnen

Direktur Independen

Warga Negara Indonesia, 49 tahun. Bapak Sukarnen pertama kali diangkat sebagai Direktur Independen pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 dibuat di hadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn . Menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha sejak Maret 2017. Diangkat kembali pada RUPS Tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2018 untuk masa jabatan berikutnya selama tiga tahun sejak tanggal tersebut. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan.

Sebelumnya pernah menjabat sebagai financial management Analyst di Futurum Corfinan (2010-2015), financial controller di PT Baker Hughes Indonesia (Baker Oil Tools) (2005-2010), manager di KAP Prasetio, Sarwoko & Sandjaja (Ernst & Young) ( 2002-2005) dan asisten manajer di KAP Prasetio, Utomo & Co (Andersen Indonesia) dan Andersen (kantor Sydney, Australia) (1995-2002). Beliau memperoleh gelar Magister Sains Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2010 dan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti pada tahun 1994. Beliau memiliki sertifikasi Chartered Accountant (Indonesia) dan Certified Public Accountant (Indonesia).

Mohammad Asy'ari

Direktur

Warga Negara Indonesia, 43 tahun. Bapak Asy'ari diangkat sebagai Direktur Perseroan pada RUPST yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 2020 untuk masa jabatan tiga tahun sejak tanggal tersebut dan berdasarkan Akta No. 174 tanggal 26 Juni 2020 dibuat di hadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn. Beliau menjabat sebagai Direktur Keuangan yang bertanggung jawab atas fungsi keuangan dan akuntansi Perseroan sejak tanggal tersebut. Bapak Asy'ari bergabung dengan Perseroan sebagai Kepala Keuangan pada Maret 2020.

Bapak Asy'ari memiliki pengalaman kurang lebih 20 tahun di bidang manajemen keuangan dan akuntansi perusahaan. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai direktur keuangan di PT Beiersdorf Indonesia (2018-2019), kepala transformasi APAC Amway Asia Pasifik (2017-2018) dan kepala keuangan di Amway Indonesia (2014-2017). Beliau menjabat berbagai posisi selama masa jabatannya di PT Sarihusada Generasi Mahardika (2007-2014), antara lain marketing finance controller, commercial controller dan kepala perencanaan bisnis. Dia juga pernah menjadi manajer pelaporan dan peramalan kinerja di PT Castrol Indonesia (2007), analis bisnis senior di PT Mercedes Benz Indonesia (2004-2006), kontrol staf dan pelaporan di PT Samsung Electronics Indonesia (2000-2004). Bapak Asy'ari memperoleh gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Trisakti pada tahun 1999.

Dra. Zannuba Arifah Chafsoh Rahman

Ketua Komite Audit

Warga Negara Indonesia, 44 tahun. Ibu Rahman pertama kali diangkat sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Perseroan pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 yang dibuat dihadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn. Beliau diangkat kembali pada RUPS Tahunan tanggal 28 Mei 2018.

Ibu Rahman juga menjabat sebagai Direktur Wahid Institute sejak tahun 2003. Sebelumnya pernah menjabat sebagai staf khusus komunikasi politik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, staf pribadi Kantor Presiden Abdurrahman Wahid pada tahun 1999 dan asisten koresponden The Sydney Morning Herald and the Age Melbourne pada tahun 1997. Memperoleh gelar Master of Public Administration dari Harvard University pada tahun 2003 dan gelar Sarjana Komunikasi Visual dari Universitas Trisakti pada tahun 1997.

Selain menjabat sebagai Presiden Komisaris dan Komisaris Independen Perseroan, beliau juga menjabat sebagai Ketua Komite Audit Perseroan sejak Maret 2016. Pada tanggal 17 Desember 2018, Dewan Komisaris memutuskan untuk mengangkatnya kembali sebagai Ketua Komite Audit, sehingga memperpanjang masa jabatannya menjadi 28 Mei 2021 (bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen).

Nurharyanto

Anggota Komite Audit

Warga Negara Indonesia, 60 tahun. Bapak Nurharyanto menjabat sebagai anggota Komite Audit Perseroan sejak Maret 2016.

Bapak Nurharyanto saat ini menjabat sebagai Direktur Fraud Auditing Development Agency (LPFA) dan anggota Komite Audit PT Delta Dunia Makmur Tbk (2013-sekarang). Sebelum menjabat sebagai anggota Komite Audit Perseroan, beliau pernah menjabat sebagai Audit Supervisor di 16 BBKU di BPPN (1998-2002), Kepala Bagian Investigasi di BPKP (1998-2003), anggota Audit Pengurus PT Bank BNI (2003-2006), dan Widyaiswara Madya di Pusdiklatwas BPKP (2003-2017).

Bapak Nurharyanto lulus dengan gelar Magister Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2011 dan gelar Sarjana Akuntansi dari
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun 1988.

Bapak Nurharyanto tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris, atau anggota Direksi, maupun dengan pemegang saham utama Perseroan.

Retno Dwi Andani

Anggota Komite Audit

Warga Negara Indonesia, 47 tahun. Ibu Retno diangkat sebagai anggota Komite Audit pada 1 September 2020.

Ibu Retno memiliki pengalaman selama 25 tahun di bidang audit, akuntansi, pajak dan keuangan perusahaan. Beliau juga menjabat sebagai Senior Partner di Kantor Akuntan Publik Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono, Retno, Palilingan & Rekan (a member firm of PKF International) (“PKF”) dan anggota Komite Audit PT Jaya Bersama Indo Tbk. Sebelum bergabung dengan PKF, Ibu Retno menjabat sebagai Associate Partner di KAP Hendrawinata Gani & Hidayat (firma anggota Grant Thornton International) dan Auditor Senior di KAP Hanadi Sudjendro & Rekan (firma anggota KPMG).

Ibu Retno lulus dari Universitas Padjadjaran, Fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi pada tahun 1995. Beliau memperoleh sertifikat Akuntan Publik (“CPA”) Indonesia pada tahun 2011 dari Institut Akuntan Publik Indonesia (“IAPI”), Chartered Sertifikat Akuntan (“CA”) tahun 2013 dari Ikatan Akuntan Indonesia (“IAI”) dan Sertifikat Kompetensi Auditor Forensik Perusahaan tahun 2019 dari Badan Sertifikasi Profesi Indonesia (“BNSP”). Selain itu, beliau memperoleh sertifikat ASEAN Chartered Professional Accountant (“ASEAN CPA”) pada tahun 2019 dari ASEAN Chartered Professional Accountants Coordinating Committee (“ACPACC”).

Ibu Retno tidak memiliki hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris, atau anggota Direksi, maupun Pemegang Saham Utama Perseroan.

Sukarnen

Sekretaris Perusahaan

Warga Negara Indonesia, 49 tahun. Bapak Sukarnen pertama kali diangkat sebagai Direktur Independen pada Maret 2016 berdasarkan keputusan pemegang saham Perseroan sebagaimana diatur dalam Akta No. 34 tanggal 17 Maret 2016 dibuat di hadapan Jose Dima Satria, SH, M.Kn . Menjabat sebagai Direktur Pengembangan Usaha sejak Maret 2017. Diangkat kembali pada RUPS Tahunan yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2018 untuk masa jabatan berikutnya selama tiga tahun sejak tanggal tersebut. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan.

Sebelumnya pernah menjabat sebagai financial management Analyst di Futurum Corfinan (2010-2015), financial controller di PT Baker Hughes Indonesia (Baker Oil Tools) (2005-2010), manager di KAP Prasetio, Sarwoko & Sandjaja (Ernst & Young) ( 2002-2005) dan asisten manajer di KAP Prasetio, Utomo & Co (Andersen Indonesia) dan Andersen (kantor Sydney, Australia) (1995-2002). Beliau memperoleh gelar Magister Sains Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2010 dan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Trisakti pada tahun 1994. Beliau memiliki sertifikasi Chartered Accountant (Indonesia) dan Certified Public Accountant (Indonesia).

David Pantjar

Kepala Unit Audit Internal

Bapak David Pantjar, warga negara Indonesia, berusia 39 tahun. Beliau bergabung dengan Perusahaan pada kuartal ketiga tahun 2016 sebagai Manajer Audit Internal. Pada tahun 2017 diangkat sebagai Kepala Unit Audit Internal berdasarkan Surat Penunjukan Kepala Unit Audit Internal No. 020/GA-DID/IV/2017 tanggal 25 April 2017.

Bapak Pantjar lulus dengan gelar Sarjana Komputerisasi Akuntansi dari Universitas Bina Nusantara Jakarta, Indonesia pada tahun 2002.

Sebelumnya menjabat sebagai Internal Audit Manager di PT Trisula International Tbk (2013-2016), Sales and Marketing Controller di PT Indah Kiat Pulp & Paper (Asia Pulp & Paper) (2011–2013) dan Senior Supervisor analis kredit di PT Indomobil Keuangan Indonesia (2003-2011).