SELAMAT DATANG DI SITUS INVESTOR RELATIONS WATSONS INDONESIA

Pengembangan Sumber Daya Manusia

Untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, Perseroan telah menyusun langkah-langkah strategis. Langkah-langkah tersebut meliputi seluruh kegiatan pengelolaan SDM, seperti perencanaan penggunaan tenaga kerja, rekrutmen, pengaturan kompensasi dan kesejahteraan, penugasan/rotasi tugas termasuk evaluasi kinerja, dan pelatihan. Hal ini juga diterapkan dalam pengembangan hubungan industrial dan antar pekerja, termasuk pengelolaan lingkungan kerja yang sehat dan aman.

Perseroan menyadari pentingnya peran karyawan yang kompeten dalam menjaga keberlanjutan bisnisnya. Dukungan karyawan merupakan kunci dalam mendorong pengembangan bisnis Perseroan untuk mencapai visinya menjadi pemain terdepan dalam bisnis ritel kesehatan dan kecantikan di Indonesia.

Untuk membangun SDM yang kompeten, Perseroan telah menyusun langkah-langkah strategis. Langkah-langkah tersebut meliputi seluruh kegiatan pengelolaan SDM, seperti perencanaan penggunaan tenaga kerja, rekrutmen, pengaturan kompensasi dan kesejahteraan, penugasan/rotasi tugas termasuk evaluasi kinerja, dan pelatihan. Hal ini juga diterapkan dalam pengembangan hubungan industrial dan antar pekerja, termasuk pengelolaan lingkungan kerja yang sehat dan aman. [GRI3-3]

Sampai dengan akhir tahun 2023, operasional Perseroan didukung oleh 1.222 karyawan, menurun 7,1% dibandingkan tahun 2022 (1.315 karyawan). Berikut ini adalah profil karyawan yang dihimpun dari data SDM secara umum: (POJK51-C.3.b)[GRI2-7]

Tabel Jumlah Pegawai Tetap dan Pegawai Sementara Berdasarkan Jenis Kelamin

2023
2022
2021
Jenis kelamin
Permanen
Sementara
Permanen
Sementara
Permanen
Sementara
Pria
471
91
485
103
472
91
Perempuan
525
134
558
169
534
151

Tabel Jumlah Pegawai Tetap dan Pegawai Tidak Tetap Berdasarkan Wilayah Kerja

2023
2022
2021
Wilayah kerja
Permanen
Sementara
Permanen
Sementara
Permanen
Sementara
Kantor pusat
190
33
199
30
190
13
Gudang
43
9
46
7
42
8
Toko
759
188
798
235
774
221

Tabel Jumlah Karyawan Purnawaktu dan Paruh Waktu Berdasarkan Jenis Kelamin

2023
2022
2021
Jenis kelamin
Waktu penuh
Paruh Waktu
Waktu penuh
Paruh Waktu
Waktu penuh
Paruh Waktu
Pria
563
588
563
Perempuan
659
727
685

Tabel Jumlah Direksi Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin Tahun 2023

Jenis kelamin
< 30 Tahun
30 – 50 Tahun
> 50 Tahun
Pria
1
Perempuan
1

Komposisi Karyawan Tahun 2023

Jenis kelamin
Total
Pria
563
Perempuan
659
Posisi
Total
Komisaris
4
Direktur
2
Kepala Departemen
6
Manajer
70
Pengawas
143
Staf
997

Rekrutmen dan Pergantian Karyawan [GRI401-1]

Perusahaan melakukan rekrutmen dari waktu ke waktu sesuai kebutuhan dalam pengembangan bisnisnya, termasuk apoteker profesional untuk mendukung setiap gerai Watsons. Proses seleksi yang telah ditetapkan oleh Perusahaan didasarkan semata-mata pada kualifikasi dan kompetensi kandidat serta kesesuaian dengan posisi yang relevan berdasarkan asas kesetaraan dan tidak ada pekerja anak dan pekerja paksa, sehingga tidak ada insiden diskriminasi di dalam Perusahaan. (POJK51-F.18)(POJK51-F.19)[GRI406-1][GRI408-1] [GRI409-1]

Berikut informasi terkait rekrutmen karyawan pada tahun 2023:

Tabel Rekrutmen Pegawai Berdasarkan Usia dan Wilayah Kerja Tahun 2023

Wilayah kerja
< 30 Tahun
30 – 50 Tahun
> 50 Tahun
Kantor pusat
28
24
4
Gudang
6
Toko
184
23

Tabel Rekrutmen Pegawai Berdasarkan Jenis Kelamin dan Wilayah Kerja Tahun 2023

Wilayah kerja
Pria
Perempuan
Kantor pusat
34
22
Gudang
5
1
Toko
73
134

Pada tahun 2023, jumlah karyawan yang mengundurkan diri cukup rendah. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya tingkat turnover karyawan sebagai berikut:

Tabel perputaran karyawan berdasarkan usia dan wilayah kerja pada tahun 2023

Wilayah kerja
< 30 Tahun
30 – 50 Tahun
> 50 Tahun
Kantor pusat
16
41
5
Gudang
5
3
Toko
250
77

Tabel perputaran karyawan berdasarkan jenis kelamin dan wilayah kerja pada tahun 2023

Wilayah kerja
Pria
Perempuan
Kantor pusat
28
34
Gudang
7
1
Toko
116
211

Pelatihan dan Pengembangan (POJK51-F.22)[GRI404-1]

Untuk meningkatkan kompetensi karyawannya, Perseroan berkomitmen untuk mengembangkan kompetensi melalui pelatihan yang dirancang untuk alih pengetahuan dan keterampilan. Setiap karyawan baru harus menjalani masa orientasi, yaitu masa pengenalan karyawan baru dengan karyawan lain dan kegiatan yang terkait dengan bisnis Perseroan. Alih keterampilan teknis dilakukan secara internal melalui program pengembangan SDM yang disusun oleh Departemen SDM. 

Pada tahun 2023, Perusahaan terus memfokuskan upaya pengembangan SDM pada pelatihan apoteker, pengetahuan produk, keterampilan pengembangan toko, pengembangan pribadi, pelatihan fungsional, berbagi pemimpin toko, dan kompetensi teknologi informasi. 

Melalui berbagai program pelatihan, Perusahaan berupaya meningkatkan efisiensi dan kompetensi teknologi informasi Departemen SDM untuk mengoptimalkan kinerja platform O+O, termasuk platform eCommerce Watsons resmi. 

Perusahaan terus menggunakan aplikasi Mobile Learning – Pocket U sebagai salah satu metode untuk memenuhi secara lebih efektif berbagai kebutuhan pelatihan bagi karyawannya yang terus bertambah jumlahnya.

Tabel Pelatihan In-house Tahun 2023

TIDAK
Jenis Pelatihan
1
Pelatihan Karyawan Baru
2
Pelatihan Apoteker (Apoteker)
3
Pelatihan Apoteker (Asisten Apoteker)
4
Induksi
5
Pelatihan Manajer Tugas
6
Pelatihan Grab Mart Penyegaran
7
Bersikap Proaktif di Tempat Kerja untuk SL
8
Pelatihan Rantai Pasokan – Perhitungan SC Min Max
9
Pelatihan RSIM 2.0 (Angkatan 1)
10
Layanan Pelanggan Fundamental untuk Program Pengembangan Toko
11
Layanan Pelanggan Dasar untuk Program Pengembangan HO DC
12
Keterampilan Penjualan Dasar untuk Program Pengembangan Toko
13
Manajemen Waktu untuk Program Pengembangan HO DC
14
Layanan 1 – 5 (Meningkatkan Cara Layanan Anda) untuk Program Pengembangan HO DC
15
Pengetahuan Produk & Pelatihan Merek Sendiri
16
Keterampilan Komunikasi untuk Program Pengembangan HO DC
17
Pelatihan Integritas – LP
18
Sosialisasi Cuti Panjang bagi HO DC
19
Pertemuan Pemimpin Toko & Pelatihan Pengetahuan Produk
20
Layanan Menyenangkan untuk Program Pengembangan HO DC
21
Kepemimpinan Berpusat pada Aksi untuk Program Pengembangan Toko
22
Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan untuk Program Pengembangan HO DC
23
Pelatihan ZTL – ROS
24
Kepemimpinan Situasional untuk Program Pengembangan HO DC
25
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan untuk Program Pengembangan Toko
26
Pelatihan CCE – Angkatan 1 – 2023
27
Cara Keselamatan Kerja – LP – HO
28
Tim Pengelola Program Pengembangan HO DC
29
Bias Tak Sadar – Orang-orang Kelompok
30
Sosialisasi SOP – Kebijakan Pengadaan Non Perdagangan
31
Kecerdasan Emosional untuk Program Pengembangan HO DC
32
Menetapkan Prioritas Program Pengembangan HO DC
33
Proses Grabmart untuk Pengambilan di Toko
34
Pelatihan Sekretaris Perusahaan: Keterbukaan Informasi & Pelaporan Informasi Emiten
35
LP untuk Toko – Kejadian Penipuan & Aktivitas Kasir/LP untuk Toko – Kejadian Penipuan & Aktivitas Kasir
36
Layanan Pengambilan Uang Tunai selama Musim Liburan Idul Fitri untuk Toko
37
Membangun Tim Berkinerja Tinggi untuk Program Pengembangan Toko
38
LP – Pelatihan Keamanan (Proyek Penyusutan)
39
Membentuk Kembali Integritas untuk Program Pengembangan HO DC
40
Keterampilan Mempengaruhi untuk Program Pengembangan HO DC
41
Pelatihan HDE
42
Analisis SWOT untuk Program Pengembangan HO DC
43
Pemikiran Analitis untuk Program Pengembangan HO DC
44
Alat Otomatisasi Kantor (AOT)
45
Pelatihan Penyegaran CRM
46
Sosialisasi Kesadaran Phising
47
Bisnis Ritel, Perawatan Diri, Orientasi Keterampilan Penjualan Dasar
48
Gaya Kepemimpinan
49
Pelatihan DC (DC Offline & DC E-dagang)
50
POAC & Mengelola Waktu Anda
51
Sosialisasi SPG dan BA
52
Sosialisasi Surbochat
53
Keterampilan Presentasi
54
Keterampilan Presentasi yang Efektif
55
Pelatihan Pengetahuan Produk Daftar Baru
56
Penyusutan Sosialisasi oleh Skintific
57
Pelatihan Penetapan Sasaran untuk Program Pengembangan HO DC
58
Sesi Berbagi Laporan MSP & CR Rendah – CRM
59
Sosialisasi SOP: Rekrutmen
60
Latihan Pemadam Kebakaran
61
Lokakarya Tips & Trik One Drive & Share Point
62
Hukum Persaingan Usaha dan ABAC
63
Kelas Tampan untuk HO
64
Pelatihan Privasi untuk Toko
65
Kelas Kecantikan untuk HO
66
Lokakarya Tips & Trik O365
67
Team Building untuk Program Pengembangan HO DC
68
Modul Farmasi

Tabel Pelatihan Eksternal Tahun 2023

TIDAK
Jenis Pelatihan
1
Program Sertifikasi Pelatih Pertumbuhan yang Dipercepat
2
Pengantar Pasar Modal & Pelaporan Corsec
3
Webinar “Bagaimana Membuat Dampak Keberlanjutan Menjadi Menguntungkan” Menampilkan Universitas Bunda Mulia

Tabel rata-rata jam pelatihan per tahun per karyawan berdasarkan jenis kelamin pada tahun 2023

Jenis kelamin
Jam Pelatihan
Jumlah karyawan
Rata-rata Jam Pelatihan
Pria
16,276.5
607
26.81
Perempuan
27,578.5
821
33.59
Total
43,855
1,428
30.71

Tabel rata-rata jam pelatihan per tahun per karyawan berdasarkan kategori karyawan pada tahun 2023

Kategori Karyawan
Jam Pelatihan
Jumlah karyawan
Rata-rata Jam Pelatihan
Direktur
20.5
1
20.5
Kepala Departemen
61
6
10.17
Manajer/Asisten Manajer
1,334
82
16.27
Pengawas
11,470.5
253
45.34
Staf
30,969
1,086
28.52
Total
43,855
1,428
30.71

Selama tahun 2023, DAYA telah menyelenggarakan 71 kali pelatihan, yang terdiri dari 68 kali pelatihan internal yang diikuti oleh 10.783 peserta dan 3 kali pelatihan eksternal yang diikuti oleh 64 peserta.

Remunerasi, Manfaat dan Penilaian Kinerja Karyawan

Berkomitmen pada pengembangan SDM yang berkelanjutan, Perseroan berupaya untuk menjaga kesejahteraan karyawan. Upaya ini diawali dengan pemberian paket remunerasi yang kompetitif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tetap memperhatikan tingkat kompensasi perusahaan lain di industri sejenis. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Perseroan mengikutsertakan seluruh karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Untuk mendorong kinerja yang optimal dari para karyawannya, termasuk jajaran direksi Perseroan, Perseroan juga memberikan insentif dan bonus baik jangka panjang maupun jangka pendek sesuai dengan kebijakan internal yang secara jelas menetapkan kriteria berdasarkan indeks kinerja utama masing-masing karyawan.

Dalam menentukan paket remunerasi bagi karyawannya, Perusahaan berpegang pada peraturan pemerintah daerah yang berlaku yang menentukan persyaratan upah minimum untuk provinsi dan/atau kota tempat karyawannya bekerja.

Gaji karyawan level pemula berada di atas kisaran UMR di Indonesia. Tidak ada diskriminasi yang dilakukan oleh Perusahaan dalam penentuan besaran gaji karyawan berdasarkan jenis kelamin, ras, suku bangsa, atau agama, sehingga tidak ada perbedaan rasio gaji seluruh karyawan berdasarkan hal tersebut. (POJK51-F.20) [GRI405-2]

Tabel perbandingan upah karyawan level pemula dan UMK tahun 2023

Wilayah kerja
RMW (/dalam Rp)
Gaji Karyawan Tingkat Awal (/dalam Rp)
Rasio Upah Minimum Regional (UMR) dibandingkan dengan Upah Karyawan Tingkat Awal
Kantor pusat
4,901,798
4,901,798
1 : 1
Gudang
4,585,519
4,585,519
1 : 1

Catatan: Standar upah karyawan tingkat pemula untuk area kerja di setiap toko telah mematuhi standar upah minimum regional tempat toko tersebut berada.

Perseroan berkomitmen untuk menjamin terciptanya lingkungan kerja yang aman dan layak bagi seluruh karyawan, antara lain dengan memberikan jaminan kesehatan karyawan, menyediakan sarana dan prasarana kerja yang aman, bersih, dan nyaman seperti toilet, ruang makan, tersedianya ruang menyusui, ruang penitipan anak, alat pendeteksi asap dan sarana pemadam kebakaran, tempat ibadah, serta tempat parkir kendaraan. (POJK51-F.21)

Perusahaan berpandangan bahwa karyawan merupakan aset Perusahaan yang sangat berharga. Perusahaan memberikan benefit yang menarik bagi karyawannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pekerja mendapatkan remunerasi terbaik atas dedikasinya terhadap Perusahaan. Dengan demikian, karyawan bersemangat dalam bekerja dan berkomitmen terhadap Perusahaan.

Tabel Informasi Manfaat Karyawan [GRI401-2]

Perusahaan melakukan proses penilaian kinerja pada setiap akhir tahun, dari tingkat staf hingga eksekutif sesuai dengan prinsip non-diskriminasi yang mencakup jenis kelamin, suku, dan ras. (POJK 51-F.18)[GRI404-3] 

Perusahaan senantiasa berupaya memenuhi hak-hak karyawan sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk hak cuti bagi karyawan. Karyawan perempuan hamil berhak memperoleh cuti berbayar selama satu setengah (1,5) bulan sebelum dan satu setengah (1,5) bulan setelah melahirkan, sesuai perhitungan dokter kandungan atau bidan. 

Pada tahun 2023, terdapat 11 karyawan perempuan yang mengambil cuti hamil. Perusahaan memastikan bahwa karyawan yang sedang menjalani cuti hamil dapat kembali bekerja setelah masa cuti hamilnya berakhir. [GRI401-3]

Selain itu, untuk kesejahteraan para pensiunan, Perusahaan menyediakan dana pensiun dengan skema program iuran pasti berdasarkan instruksi pemerintah melalui program Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun dari program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan). [GRI201-3]

Jenis Manfaat
Pegawai tetap
Karyawan Sementara
Tunjangan Transportasi
Penghargaan Layanan Karyawan
Cuti Sabatikal
Tunjangan Cuti
Rawat Inap
Rawat Jalan
Optik
Bersalin
Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Cuti Berbayar
Tunjangan hari raya

Menciptakan Hubungan Industrial yang Harmonis

Dalam merumuskan peraturan dan kebijakan perusahaan, DAYA melibatkan karyawan untuk memastikan hak dan kewajibannya terpenuhi. Perusahaan juga aktif dalam menyosialisasikan peraturan dan kebijakan, termasuk kebijakan yang terkait dengan perkembangan operasional Perusahaan saat ini dan di masa mendatang, seperti proses penggabungan, pengambilalihan atau pemindahan produksi, ketiga hal tersebut dilaksanakan paling lambat 3 (tiga) bulan sejak kebijakan tersebut ditetapkan. Informasi kebijakan ini dikomunikasikan melalui surat elektronik, intranet, rapat sosialisasi, rapat monitoring kinerja perusahaan dan media komunikasi lainnya, hal ini tidak diatur secara khusus dalam kebijakan Perusahaan. [GRI402-1]

Dengan membangun hubungan industrial yang harmonis berdasarkan Pancasila, maka semua pihak yang terlibat dan berkepentingan akan lebih menyadari peran dan tanggung jawabnya sehingga akan terbentuk kemitraan dan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.